Onderdil

Daftar Ukuran Piston Vario 110, 125 dan 150 Beserta Ukuran Pin

×

Daftar Ukuran Piston Vario 110, 125 dan 150 Beserta Ukuran Pin

Sebarkan artikel ini

Ukuran Piston Vario 110, 125 dan 150 – Setiap sepeda motor pastinya memiliki perbedaan ukuran piston atau yang juga kita kenal dengan sebutan seher. Ukuran piston baik dari diameternya maupun panjang langkahnya menentukan kapasitas mesin. Komponen ini memiliki peran yang sangat vital karena sebagai jantung pacu dalam sebuah mesin bakar.

Mengetahui diameter piston vario atau sepeda motor lainya sangat penting khususnya jika ingin mengganti dengan produk after market atau ingin melakukan bore up. Beberapa modifikator seringkali mengganti dengan piston dari motor lain untuk mendapatkan diameter yang diinginkan.

daftar ukuran piston vario
daftar ukuran piston vario

Yang perlu diketahui juga meski beberapa piston motor memiliki diameter yang sama namun tidak musti plug and play. Sebab dari ukuran pen piston juga berbeda beda.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai daftar ukuran motor vario dari vario 110 karbu, vario 125, dan juga vario 150. Dengan jumlah CC yang berbeda, sudah pasti ketiganya memiliki diameter piston yang berbeda pula.

Daftar Ukuran Piston Vario 110,125 dan 150

Seperti yang kita ketahui, Honda Vario adalah salah satu sepeda motor matic yang paling laris di tanah air. Desainya yang kompak dan trendy membuat banyak orang kepincut denganya. Dan berikut ini daftar ukuran piston vario selengkapnya:

Jenis MotorDiameter PistonUkuran Pin
Vario 110 Karbu50 mm13 mm
Vario 12552,4 mm13 mm
Vario 15057,3 mm14 mm
Vario 16060 mm
piston vario 125
piston vario 125

Fungsi dan Cara Kerja Piston

Piston adalah komponen yang berada didalam tabung silinder mesin. Fungsi utamanya adalah mengubah dari tenaga bahan bakar menjadi putaran. Dalam mesin 4 tak terdapat 4 siklus (gerakan piston) untuk menghasilkan 1 tenaga. Berikut cara kerjanya:

  • Langkah Hisap
    Piston bergerak dari atas ke bawah dengan posisi katup hisap terbuka. Saat inilah campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang silinder.
  • Langkah kompresi
    Setelah sampai di titik mati bawah, piston bergerak lagi keatas untuk memampatkan (kompresi) bahan bakar dan udara tadi sehingga siap untuk diledakan.
  • Langkah Pembakaran
    Bahan bakar yang telah dimampatkan atau dikompresi kemudian akan menciptakan tenaga ledakan yang besar setelah busi memercikan bunga api. Ledakan tersebut mendorong piston kebawah.
  • Langkah Pembuangan
    Terakhir, piston bergerak lagi dari bawah keatas dengan posisi katup ex terbuka. Sisa sisa bahan bakar akan terdorong keluar melalui knalpot. Proses tersebut berjalan terus dan berulang ulang.

Demikian tadilah perbandingan ukuran piston vario 110 karbu, vario 125, vario 150 serta yang terbaru vario 160. Dengan memahami ukuran diatas,kamu bisa merencanakan untuk melakukan pembelian piston baik untuk mengganti atau melakukan upgrade mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *