Onderdil

Daftar Ukuran Piston Mio Sporty, J, Smile, M3, Soul GT

×

Daftar Ukuran Piston Mio Sporty, J, Smile, M3, Soul GT

Sebarkan artikel ini

Ukuran Piston Mio – Piston atau yang kerap disebut seher merupakan bagian terpenting pada sebuah mesin bahan bakar. Ibarat jantung yang memompa darah seluruh tubuh, piston berfungsi sebagai sumber putaran dari hasil ledakan bahan bakar.

Secara sederhana, piston inilah yang memampatkan bahan bakar didalam silinder hingga kemudian diledakan oleh busi. Ledakan tersebut membuat piston terus bergerak naik turun yang kemudian diteruskan tenaganya menjadi putara pada cranksaft.

Oleh sebab itu, bagi mereka yang gemar memodifikasi motor untuk bisa mendapatkan speed dan akselerasi yang dikehendaki, akan mengganti piston dengan ukuran lebih besar. Mulai dari mencomot piston dari kendaraan tipe lain ataupun membeli paket bore up.

Tentu saja ukuran piston setiap motor berbeda beda, tergantung kapasitas mesin.Bahkan untuk kapasitas mesin yang sama, bisa saja ukuran pistonya berbeda.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas ukuran piston mio mulai dari mio sporty, mio J,Soul GT, smile hingga yang terbaru mio M3. Akhir akhir ini, Yamaha mio memang banyak dilirik mereka yang gemar memodifikasi engine.

yamaha mio smile
yamaha mio

Perbandingan Ukuran Piston Mio Sporty, J, Smile, M3 dan Soul GT.

Ukuran piston ditentukan dari diameter piston tersebut. Seperti yang kita ketahui, piston ini berbentuk seperti tabung. Maka dari itu diameter adalah parameter yang paling tepat untuk menentukan ukuranya.

ukuran piston mio
ukuran piston mio

Menentukan ukuran piston yang tepat, maka bisa menentukan berapa jumlah CC yang diinginkan. Namun tentu saja tidak cuma itu parameternya. Namun kamu juga harus tahu panjang langkah piston tersebut untuk mengetahui berapa CC yang didapatkan. Langsung saja, dibawah ini daftar ukuran piston mio selengkapnya:

Tipe MotorDiameter Piston
Mio50 mm
Mio J50 mm
Mio Soul50 mm
Mio GT50 mm
Mio Sporty50 mm
Mio Smile50 mm
Mio Z52,4 mm
Mio M352,4 mm

Mengenal Jenis Long Stroke, Overbore dan Square

Buat kamu yang mau memodifikasi mesin, maka harus tahu perbedaan dari ketiganya. Pasalnya ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda.

Mesin Long Stroke

Dikatakan long stroke apabila panjang langkah piston lebih besar dibanding diameter piston. Mesin dengan tipikal demikian memiliki karakteristik yang lebih bertenaga. Cocok untuk tanjakan dan beban berat. Namun dengan CC yang sama, maka speednya kalah jika dibandingkan tipe overbore.

Mesin Overbore

Kebalikanya dengan long stroke, overbore memiliki diameter piston yang lebih besar dibandingkan dengna panjang langkahnya. Mesin jenis ini lebih optimal untuk putaran atas atau high rpm. Buat yang mau mengejar top speed, maka jenis overbore adalah pilihan yang tepat. Namun tipe ini pada akselerasi awal kurang bertenaga jika dibandingkan dengan tipe long stroke pada CC yang sama.

Square

Tipe square ini memiliki panjang langkah dan diameter piston yang sama atau hanya selisih sangat sedikit. Mesin memiliki karakter ang merata pada semua RPM baik di rpm bawah atau atas. Bisa dikatakan diantara tengah tengah antara long stroke dan overbore. Ideal untuk digunakan pada segala medan. Cocok buat kalian yang demen touring.

Nah itulah tadi perbandingan ukuran piston mio sporty, j, m3 dll. Semoga bisa menjadi referensi khususnya jika kalian ingin memodifikasi motor matic yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *