Onderdil

Harga Dan Daftar Ukuran Klep Mio Sporty, J, Karbu Dll

×

Harga Dan Daftar Ukuran Klep Mio Sporty, J, Karbu Dll

Sebarkan artikel ini

Ukuran Klep Mio – Memiliki sepeda motor dengan performa maksimal menjadi dambaan banyak orang. Bahkan beberapa orang memilih untuk memodifikasi kendaraanya agar bisa mendapatkan akselerasi dan top speed yang maksimal. Mulai dari sekedar porting, memodifikasi camsaft, bore up dan juga mengganti klep.

Dari beberapa kendaraan matic yang beredar saat ini, nampaknya yamaha mio menjadi salah satu tipe sepeda motor yang paling banyak dimodif utamanya di engine. Baik itu mio Sporty, mio J maupun mio lama yang masih menggunakan karbu. Dan tentu saja saat mengoprek daleman mesin, klep menjadi komponen yang tak boleh luput dari perhatian.

Maka dari itu, kamu harus tahu berapa ukuran klep mio baik yang masih standar maupun bore up 150 cc hingga 200 cc. Menggunakan ukuran klep yang tepat akan membuat mesin bekerja optimal. Bayangkan saja jika mesin sudah di bore up tapi masih menggunakan ukuran klep standar, maka suplay bahan bakar jadi kurang maksimal.

Fungsi Klep Pada Sepeda Motor

Sebelum membahas lebih jauh, maka ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu fungsi dari klep. Nah komponen ini hanya bisa ditemui pada sepeda motor 4 tak. Terdapat 2 jenis klep pada motor 4 tak yakni klep in (masuk) dan klep ex (keluar).

yamaha mio
yamaha mio

Fungsi utama dari klep sepeda motor adalah sebagai katup yang mana akan membuka dan menutup sesuai dengan langkah piston (hisap, kompresi, usaha, buang). Katup in akan terbuka pada saat langkah hisap, yang mana pada proses ini bahan bakar akan masuk kedalam silinder. Sedangkan katup ex akan terbuka saat langkah buang yakni membuang sisa sisa bahan bakar.

Adapun ukuran klep in pada umumnya lebih besar ketimbang klep ex. Ini bermaksud untuk memaksimalkan bahan bakar yang dimasukan ke silinder. Selain dari segi ukuran, ada beberapa hal lainya yang juga perlu diperhatikan untuk memaksimalkan performa mesin. Seperti ukuran celah klep dan juga kerapatan antara klep dan rumahnya. Untuk klep baru maka perlu di skur agar saat posisi menutup benar benar rapat.

Ukuran Klep Mio Sporty, Mio J, Mio Karbu dan Mio Bore Up

Adapun ukuran klep sendiri mengacu pada ukuran diameter dari klep itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, klep motor berbentuk lingkaran. Langsung saja, berikut ini adalah daftar lengkap ukuran klep pada motor yamaha Mio:

Tipe MotorKlep InKlep Ex
Mio Sporty23 mm20 mm
Mio J26 mm21 mm
Mio M324 mm20 mm
Mio Soul26 mm21 mm
Mio GT26 mm21 mm
Mio Bore Up 150cc30 mm26 mm
ukuran klep yamaha mio
ukuran klep yamaha mio

Harga Klep Mio

Berikut ini daftar harga yang kami lansir dari laman resmi yamaha:

TipeHarga (katup in)Harga (katup ex)
Yamaha Mio SportyRp51.000Rp79.000
Yamaha Mio JRp46.000Rp73.000
Yamaha Mio M3Rp46.000Rp73.000

Cara Menyetel Klep Yamaha Mio

Untuk menyetel celah klep mio, kamu bisa lakukan langkah berikut:

  • Buka baut dan cover mesin samping kiri.
  • Setelah itu terlihat kipas pendingin yang juga satu rangkaian dengan kruk as.
  • Putar dan pas-kan tanda T dengan garis pada magnet. Ini menunjukan posisi piston pada posisi TMA dan klep tidak dalam kondisi terbuka. (langkah kompresi).
  • Setelah itu buka penutup klep di bagian depan mesin.
  • Gunakan kunci klep dan feeler gauge untuk menyetel celah klep.
  • Untuk klep in setelah pada 0,8 mm sedangkan klep ex gunakan 0,12.
  • Pasang kembali baut dan cover tadi.

Demikian tadilah ukuran klep motor yamaha mio baik untuk varian sporty, J maupun Karbu. Semoga bisa jadi referensi khususnya buat kalian yang ingin memodifikasi motor sejuta umat yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *