Tips Dan Trik

4 Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

×

4 Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini

Cara Mengendarai Motor Kopling – Bagi sebagian orang, mengendarai sepeda motor dengan sistem kopling manual bukan menjadi soal. Namun, bagi pemula, mengendarai motor dengan sistem kopling mungkin terdengar rumit. Utamanya bagi seorang perempuan, yang biasanya mengendari motor matic. Tinggal putar gas dan memainkan rem saja untuk mengontrolnya.

cara mengendarai motor kopling manual
cara mengendarai motor kopling manual

Berbeda halnya dengan sepeda motor seperti Vixion ataupun CBR yang mana terdapat tuas kopling. Tuas ini harus ditekan tatkala ingin berpindah gigi dari posisi 1 ke 2, 2 ke 3 dan seterusnya. Rumit? gak juga sih. Asalkan mau belajar pastinya akan cepat bisa.

Motoran.id kali ini akan mengulas secara ringkas bagaimana cara mengendari motor kopling manual bagi pemula. Kami ringkas dalam 4 langkah yang sederhana dan juga beberapa tips yang perlu kamu pahami.

Mengenal Motor dengan Kopling Manual

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami apa itu kopling. Dalam dunia motor, kopling adalah sebuah perangkat yang menghubungkan atau memutuskan putaran dari mesin ke transmisi. Anda akan sering menemui motor dengan kopling otomatis dan manual. Nah, kali ini kita akan membahas motor dengan kopling manual, yang biasanya hadir dengan tuas kopling di setang.

Jika Anda melihat motor bebek yang hanya perlu memutar tuas transmisi saat beralih gigi, itu artinya motor tersebut menggunakan kopling otomatis. Namun, motor sport seperti Yamaha Vixion, Honda CBR, atau Kawasaki Ninja RR Mono biasanya menggunakan kopling manual. Motor jenis ini memiliki tuas kopling yang perlu Anda operasikan secara manual untuk mengganti gigi.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah perbedaan antara motor kopling manual dan kopling ganda. Pada kopling ganda atau kopling otomatis, alur perpindahan giginya adalah N-1-2-3-4. Sedikit berbeda dengan kopling manual dimana alur perpindahan gigi transmisi adalah 1-N-2-3-4-5. Namun untuk berpindah dari posisi 1 ke N (netral) umumnya hanya setengah gerakan saja.

Cara Mengendarai Motor Kopling Manual

Mengendarai motor kopling sebenarnya tidaklah rumit. Kamu hanya perlu berlatih dan terbiasa. Adapun teknik teknik dasarnya adalah sebagai berikut:

Langkah Pertama: Persiapan

  1. Putar kunci kontak ke posisi “ON“.
  2. Pastikan transmisi berada dalam posisi netral, ditandai oleh indikator yang biasanya berwarna hijau. Lalu, tekan tombol starter selama maksimal 3 detik. Jangan menekan terlalu lama agar aki tidak habis.

Langkah Kedua: Memulai Perjalanan

  1. Masukkan transmisi ke gigi pertama. Tarik tuas kopling dan injak tuas transmisi ke arah depan.
  2. Ketika akan berjalan, lepaskan tuas kopling secara perlahan sambil memutar handle gas secara perlahan. Hindari melepaskannya mendadak yang dapat membuat motor mati.

Langkah Ketiga: Pindah Gigi

  1. Setelah motor berjalan sekitar 10 km/jam, tarik tuas kopling dan pindahkan ke gigi kedua dengan cara menekan tuas kopling dan menarik tuas transmisi ke belakang. Atau mencongkelnya ke atas jika menggunakan tuas depan.
  2. Pastikan tuas kopling ditekan sepenuhnya agar kopling benar-benar terpisah dari mesin. Hal ini akan menjaga komponen kopling tetap awet.

Langkah Keempat: Berhenti

  1. Ketika ingin berhenti, tarik tuas kopling dan rem sambil memutar handle gas ke posisi netral.
  2. Kembalikan gigi transmisi ke posisi 1. Jika ingin ke netral, cukup ungkit tuas transmisi setengahnya. Jika ingin mematikan mesin, putar kunci kontak ke posisi “off”.

Mengendari motor dengan kopling mungkin terasa rumit pada awalnya, tetapi dengan latihan yang terus-menerus, Anda akan semakin terbiasa. Ingatlah langkah-langkah dasar ini dan latihlah di area yang aman. Dengan waktu, Anda akan menguasai teknik mengoperasikan motor dengan kopling secara lebih lancar dan percaya diri. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan nikmati sensasi berkendara dengan motor kopling manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *