Tips Dan Trik

Cara Mengatasi Lampu Indikator Injeksi Motor Menyala Terus

×

Cara Mengatasi Lampu Indikator Injeksi Motor Menyala Terus

Sebarkan artikel ini

Lampu Indikator Injeksi Motor Menyala Terus – Hampir semua sepeda motor yang beredar saat ini sudah beralih dari sistem karburator ke fuel injection (FI). Teknologi ini tentu memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari bahan bakar yang lebih irit, perawatan yang lebih simpel hingga deteksi masalah yang lebih mudah.

Salah satu fitur yang ada pada motor injeksi adalah adanya lampu indikator yang sebenarnya memiliki nama Malfuction Indikator Lamp (MIL). Lampu ini berfungsi sebagai pertanda apabila ada masalah pada sistem. Masalah tersebut ditunjukan dengan jumlah kedipan lampu yang bervariasi tergantung jenis kerusakanya.

Lampu ini berada di panel instrumen atau yang lebih familiar disebut speedometer. Umumnya lampu akan berwarna orange. Normalnya, ketika kunci kontak diputar ke posisi ON, lampu akan menyala lalu mati. Sedangkan jika ada masala akan berkedip.

Namun beberapa kejadian justru lampu indikator injeksi motor menyala terus. Lantas apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya? Jangan diabaikan, kamu bisa lakukan beberapa pengecekan sebagai berikut.

Penyebab Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Sepeda motor injeksi memiliki beberapa sensor pada komponen motor. Seperti pada injektor, throtle body, hingga crankshaft. Nah ketika sensor sensor tersebut bermasalah maka akan dibaca oleh ECU lalu kemudian di visualisasikan melalui lampu indikator. Jadi ketika lampu indikator menyala terus bisa menjadi salah satu indikasi adanya suatu masalah. Itulah konsep yang harus kalian pahami pada lampu MIL motor injeksi.

mengatasi lampu indikator menyala terus
mengatasi lampu indikator menyala terus

Soket Sensor Terlepas/ Kendor

Barangkali lampu indikator menunjukan masalah bukan karena kerusakan melainkan sensornya yang tidak bekerja. Salah satu penyebabnya adalah soket yang terlepas atau kendor. Maka dari itu kamu bisa cek, utamanya sensor sensor pada throtle body.

Throttle Body Kotor, Rusak atau Bermasalah

Throttle body merupakan komponen yang mengatur besar kecilnya udara yang masuk ke mesin. Pada komponen tersebut terdapat berbagai macam sensor. Diantaranya ada IATS, TPS dan MAP. Salah satu fungsi sensor tersebut adalah mengukur tekanan dan jumlah udara yang masuk.

Apabila filter udara ataupun throtle body ini kotor maka akan berpengaruh pada jumlah udara yang masuk.

Aki Sudah Lemah

aki atau baterai merupakan sumber listrik pada sepeda motor. Jika aki tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka sistem kelistrikan tidak berjalan optimal dan bisa menyebabkan lampu indikator menyala terus.

Air Radiator Habis

Pada beberapa motor sudah menggunakan sistem pendinginan air dengan radiator. Pemilik kendaraan harus paham, air radiator ini jangan sampai habis ataupun bocor. Jika ada kebocoran dan membuat air radiator habis maka mesin bisa overheat. Untungnya sepeda motor FI sudah dilengkapi dengan sistem yang bisa mendeteksi hal tersebut yang ditunjukan melalui lampu indikator.

Selain beberapa kemungkinan penyebab diatas, sebenarnya ada banyak penyebab lainya yang membuat lampu indikator menyala. Mulai dari pompa bahan bakar yang rusak, sistem pengapian yang bermasalah, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Seperti yang disebutkan diawal tadi, bahwa jika ada masalah pada sistem maka lampu indikator akan berkedip dengan jumlah kedipan sesuai dengan masalah yang terjadi.

Jika lampu MIL menyala terus, ini kemungkinan terjadi kesalahan pada sistem. Jadi untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi, bisa lakukan dengan langkah langkah berikut:

  1. Buka cover motor.
  2. Cari dimana posisi soket DLC. Pada motor matic umumnya berada dibawah jok dan tidak jauh dari area aki.
  3. Jika sudah ketemu kamu bisa pasang soket reset DLC. (bisa dibeli di marketplace).
  4. Atau, bisa juga dilakukan dengan menjumper secara manual menggunakan kabel. (jumper soket bagian kiri atas bawah dengan posisi klip pengunci di bagian atas)
  5. Jika sudah terpasang dengan baik, nyalakan kunci kontak.
  6. Maka lampu indikator (MIL) akan berkedip apabila memang terjadi masalah.
  7. Silahkan hitung jumlah kedipan lampu MIL.
  8. Selanjutnya cocokan dengan tabel kedipan lampu ML dibawah. Baiknya hitung 3x untuk memastikan dan tidak ada kekeliruhan dalam menghitung jumlah kedipan.
memasang reset soket DLC pada motor
memasang reset soket DLC pada motor

Setelah diketahui kerusakan atau penyebab errornya, barulah bisa dilakukan tindakan. Misalnya jika ternyata yang bermasalah pada sensor MAP, silahkan cek soket soket pada sensor tersebut apakah terpasang dengan baik atau tidak. Kemudian pastikan kondisi throttle body dan juga filter udara tidak terjadi masalah seperti kotor atau tersumbat. Jadi untuk solusinya tergantung dari kerusakan yang terjadi.

Tabel Kode Lampu MIL

Lampu MIL akan berkedip sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Pada motor honda misalnya, untuk 1 kali kedipan menandakan kerusakan pada tekanan udara yang masuk. Dimana disitu terdapat sensor MAP (manifold absolute presure). Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek tabel berikut ini

Kode Lampu MIL (lampu injektor) Honda

Jumlah KedipanKeterangan
1 kaliSensor MAP
7 kaliSensor EOT/ECT
8 kaliSensor Throttle Position (TPS)
9 kaliSensor IAT (intake air temperature)
11 kaliSensor VS (vehicle speed)
12 kaliInjector
21 kaliSensor Oksigen
29 kaliRangkaian IACV (intake air control valve)
33 kaliECM (engine control module)
52 kaliSensor CKP (cranksaft position)
54 kaliSensor BAS (Bank Angle Sensor)
67 kaliFront wheel speed sensor (PCX 160)
86 kaliSpeedometer (PCX 160)
91 kaliCoil ignition primary circuit malfunction

Kode Lampu MIL Yamaha

Jumlah KedipanKeterangan
12 kaliSinyal yang diterima oleh Cranksaft Position Sensor/Pulser Signal tidak normal
13 kaliIntake Pressure Sensor terlepas atau terdapat hubungan arus pendek
14 kaliIntake Pressure Sensor mengalami malfungsi baik terlepas maupun tersumbat
15 kaliThrottle Position Sensor terlepas atau terdapat hubungan arus pendek.
16 kaliThrottle Position Sensor macet
19 kaliSide Stand Switch, sakelar standar samping terlepas atau putus
21 kali Coolant temperature sensor terlepas atau korslet
22 kaliIntake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek
24 kaliTerdapat masalah pada O2 Sensor
28 kali Terdapat error atau masalah pada Engine Temperature Sensor
30 kaliSepeda motor terjatuh
37 kaliterjadi kerusakan pada Idle Speed Control (ISC) Valve 
39 kaliFuel Injector bermasalah atau rusak
41 kali Lean angle sensor
42 kali Speed Sensor roda depan bermasalah sehingga sinyal yang diterima tidak normal
44 kalichip EEPROM Error
46 kaliAliran listrik ke sistem FI tidak normal
50 kaliRusaknya Memori ECU
61 kali ISC tidak bekerja.
79 kaliTerlalu banyak udara masuk pada ruang bakar
84 kaliSelenoid VVA terlepas atau terjadi korsleting

Nah itulah tadi panduan lengkap cara mengatasi lampu indikator injeksi motor menyala terus. Jadi solusi setiap kasus berbeda beda tergantung dimana letak kerusakanya. Jika ada pertanyaan, bisa ajukan melalui kolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *