Tips Dan Trik

Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir Dengan Mudah

×

Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir – Kendaraan bermotor menjadi bagian penting dalam mobilitas sehari-hari, terutama sepeda motor. Meskipun teknologi injeksi semakin mendominasi, masih banyak pengguna sepeda motor yang mengandalkan karburator untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar.

cara mengatasi karburator banjir
cara mengatasi karburator banjir

Namun, tak jarang karburator mengalami masalah, salah satunya adalah karburator banjir di mana bensin meluap. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah karburator banjir ini.

Penyebab Karburator Motor Banjir

Masalah karburator banjir sering kali disebabkan oleh needle valve yang tidak menutup dengan sempurna. Di bagian bawah karburator, terdapat ruang pelampung yang berfungsi untuk menyimpan bensin sementara. Ruang ini terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve.

sistem pelampung karburator
sistem pelampung karburator

Bisa dilihat pada ambar diatas, saat bensin dalam karburator penuh maka pelampung akan mendorong needle valve ke arah atas yang membuat lubang saluran bensin tertutup. Ketika bensin berkurang, pelampung akan bergerak turun dan juga menarik needle valve ke arah bawah sehingga saluran bensin terbuka.

Needle valve berperan sebagai katup yang mengatur aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin dalam ruang pelampung berkurang, needle valve membuka untuk memungkinkan aliran bensin masuk. Namun, saat ruang pelampung penuh, needle valve seharusnya menutup, menghentikan aliran bensin. Karburator banjir terjadi ketika needle valve tidak menutup dengan sempurna, menyebabkan bensin meluap.

Langkah-Langkah Mengatasi Karburator Banjir Pada Sepeda Motor

Mengatasi karburator banjir sebenarnya tidaklah sulit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Persiapan: Lepaskan karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya. Jangan lupa lepas kabel gas dan kabel cuk. Jika ada filter udara, lepas terlebih dahulu untuk mempermudah akses.
  2. Membongkar Karburator: Lepaskan keempat baut di bagian bawah karburator. Setelah itu, buka ruang pelampung. Anda akan melihat pelampung yang terbuat dari bahan plastik dan terhubung dengan needle valve.
  3. Pembersihan dan Penyetelan: Bersihkan bagian dalam karburator terutama spuyer. Kemudian, periksa needle valve. Jika terlihat aus atau bengkok, perlu dilakukan penyetelan. Bengkokkan bagian logam yang mendukung needle valve sedikit ke atas. Pastikan ketika pelampung berada di bawah, needle valve terbuka sepenuhnya, dan ketika pelampung sejajar, needle valve menutup dengan sempurna.
  4. Pengecekan: Sebelum memasang kembali karburator, lakukan pengecekan dengan meniup lubang masuk yang terhubung dengan selang bensin. Dengan cara menggerakan pelampung ke atas dan ke bawah. Maka kamu akan tahu saluran bensin menutup sepenuhnya atau tidak ketika posisi bensin penuh.
  5. Pemasangan Kembali: Pasang kembali semua bagian karburator dengan hati-hati. Pastikan semuanya terhubung dengan benar.
  6. Finishing Touch: Sebelum menghidupkan mesin, pastikan Anda membersihkan area sekitarnya. Gunakan udara bertekanan untuk membersihkan sisa karburator cleaner.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah karburator banjir pada sepeda motor Anda. Penting untuk diingat bahwa jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan mekanik, lebih baik minta bantuan dari profesional.

Dengan merawat dan memahami komponen kendaraan Anda, Anda dapat memperpanjang umur sepeda motor dan menjaga kinerjanya tetap optimal. Selamat menikmati perjalanan dengan sepeda motor Anda yang telah kembali dalam kondisi baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *