Tips Dan Trik

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati, Yuk Lakukan Sendiri

×

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati, Yuk Lakukan Sendiri

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki Starter Motor – Hampir semua sepeda motor saat ini sudah menggunakan sistem elektrik starter. Bahkan beberapa diantaranya sudah dilengkapi teknologi terbarukan. Seperti ACG yang digunakan pada Vario 150. Ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menghidupkan engine.

Salah satu komponen yang cukup vital peranya dalam sistem starter tentunya adalah motor starter atau yang dikenal dengan istilah dinamo. Jika komponen ini mati sedikit banyak akan membuat pengendara kesal. Khususnya bagi sepeda motor tipe matic, karena harus diposisikan dengan standar tengah untuk bisa menggunakan kick starter. Terlebih lagi, beberapa sepeda motor saat ini tidak dilengkapi dengan kick starter.

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati
Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati

Beberapa orang mungkin akan memilih membawa ke bengkel untuk memperbaikinya. Namun tak sedikit juga yang berusaha sendiri untuk memperbaiki starter motor yang mati. Sebelumnya tentunya kamu harus tahu penyebab starter mati. Setiap gejala yang timbul, memiliki penanganan yang berbeda.

Penyebab Starter Motor Mati

Sistem starter pada sepeda motor sendiri terbagi menjadi beberapa komponen. Seperti aki atau baterai, rangkaian kelistrikan termasuk relay didalamnya, serta motor starter atau dinamo itu sendiri. Tentunya disini kalian harus melakukan pengecekan satu persatu.

Baterai atau Aki Lemah

Baterai atau aki merupakan sumber kelistrikan utama dalam sepeda motor. Arus listrik dari baterai akan dialirkan ke motor starter sehingga bisa berputar. Jika tegangan listrik yang dihasilkan lemah, akibatnya tidak cukup untuk memutar dinamo starter.

Rangkaian Starter

Rangkaian starter ini memang cukup banyak. Beberapa penyebab yang terjadi adalah kabel putus ataupun kabel dengan komponen tidak terhubung sempurna. Kamu bisa cek aliran listrik pada rangkain menggunakan multimeter.

Relay Starter / Bendik

Bendik atau relay starter berfungsi sebagai saklar elektromagnetik yang memutus/menghubungkan arus listrik dari baterai menuju motor starter. Jadi arus listrik utama dari baterai dihubungkan langsung ke dinamo melalui bendik ini sehingga bisa mengurangi hambatan pada rangkaian. Jika komponen ini bermasalah pastinya tidak ada arus listrik yang mengalir ke dinamo.

Motor Starter (dinamo)

Terakhir, kerusakan terjadi pada motor starter itu sendiri. Umumnya kerusakan terjadi lantaran sikat atau brush yang aus. Namun ada juga kerusakan pada lilitan atau spullnya. Jika ini yang terjadi, maka kami sarankan untuk dibawa ke bengkel dinamo saja.

Cara Memperbaiki Starter Motor Mati

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, mari kita coba cek satu persatu dan kemudian dilakukan perbaikan.

Cek Kondisi Baterai

Alat yang paling tepat untuk mengecek aki adalah dengan menggunakan multimeter. Atau jika ingin melakukan tes sederhana bisa dengan lampu motor (headlamp). Tegangan yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Apabila teganganya lemah ada beberapa kemungkinan. Seperti kondisi elektrolit yang kurang, sistem pengisian sepeda motor yang bermasalah atau kerusakan pada baterai itu sendiri.

mengecek kondisi aki,
mengecek kondisi aki, ilustrasi gambar via autogearid

Cek kondisi elektrolit, jika kurang dari garis lower silahkan isi kembali. Cara sederhana lainya untuk melakukan pengecekan adalah dengan menggunakan baterai/ aki dari motor lain. Pasang pada motor dan cek apakah starter bekerja atau tidak. Jika ternyata bisa hidup, berarti fix masalahnya ada di baterai tersebut.

Cek Rangkaian Kabel

Untuk melakukan pengecekan rangkaian memang agak rumit. Namun bisa dilakukan jika kalian memiliki multimeter. Silahkan cek tegangan pada kabel positif yang menuju dinamo starter dalam posisi kontak on dan switc starter on. Cek apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Agar bisa lebih mudah melakukan pengecekan rangkaian, kamu bisa lihat gambar rangkaian sistem starter sepeda motor berikut.

rangkaian sistem starter sepeda motor
rangkaian sistem starter sepeda motor gambar via inews

Permasalahan juga seringkali timbul karena terminal dinamo dan kabel tidak terhubung sempurna. Seperti baut yang kendur atau adanya kotoran maupun karat. Silahkan bisa dibersihkan dengan amplas halus jika itu yang terjadi.

Lakukan Pengecekan Relay Atau Bendik

Silahkan lepas bendik dari rangkaian menggunakan obeng. Untuk melakukan pengecekan hubungkan dua kabel (bersocket) ke baterai (+ dan -) jika terdengar bunyi (cetek) berarti bendik masih bekerja. Atau untuk memastikanya bisa gunakan multimeter apakah dua terminal (baut) terhubung atau tidak saat posisi kabel tadi dihubungkan ke sumber listrik.

bendik starter
bendik starter via gridoto

Pada dasarnya cara kerja relay ini, ketika kabel pada socket terhubung dengan arus listrik, maka switch elektromagnetik akan bekerja sehingga dua buah terminal utama saling terhubung.

Lepas Motor Starter

Silahkan lepas motor starter lalu hubungkan secara direct terminalnya ke sumber listrik (aki). Apakah saat dihubungkan secara langsung ini berputar atau tidak. Namun lakukan dengan hati hati ya karena putaranya cukup tinggi.

Jika tidak berputar,maka kemungkinan kerusakan terjadi pada brush atu sikat yang sudah aus. Selain itu bisa juga terjadi kerusakan pada kumparan (spull) yang putus. Untuk memperbaikinya butuh ketrampilan dan kemampuan. Baiknya langsung bawa saja ke bengkel dinamo jika kalian tidak memiliki kemampuan tentang hal tersebut.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi starter motor yang mati. Semoga bisa membantu ya, jika ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *