Tips Dan Trik

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

×

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang – Lampu tentu menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan undang undang agar lampu juga tetap nyala saat siang hari. Setiap pabrikan tentu saja sudah merancang lampu tersebut agar memenuhi standar kecerahan.

Namun seiring pemakaian, lampu bisa saja meredup. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Mulai dari penurunan kemampuan baterai sebagai sumber tegangan, hambatan yang semakin besar pada rangkaian atau masalah pada bola lampunya sendiri. Jika masalahnya pada lampu solusinya tentunya bisa diganti yang baru. Namun jika permasalahya terdapat pada rangkaian kelistrikan, ada beberapa cara mengatasinya.

Tak perlu dibawa ke bengkel, cara membuat lampu motor lebih terang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu membeli relay di toko elektronik. Harganya juga cukup terjangkau, tidak sampai Rp 50 ribu. Atau bisa juga checkout di sejumlah marketplace. Lalu bagaimana cara memasangnya?

Cara Kerja Relay Untuk Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Sebelum ke pembahasan inti cara memasang relay lampu motor, ada baiknya kamu ketahui dulu nih cara kerjanya. Pada prinsipnya trik ini bekerja dengan cara “menjumper”arus listrik utama dari baterai ke lampu. Jadi arus listrik tersebut tidak melalui rangkaian lampu kepala, melainkan langsung dihubungkan dengan relay. Dengan demikian hambatanya akan berkurang, sehingga otomatis voltase yang masuk ke lampu tidak mengalami drop.

membuat lampu motor lebih terang
membuat lampu motor lebih terang

Relay sendiri merupakan komponen elektronik yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik. Umumnya, relay memiliki 4 terminal yakni terminal 30 dan 87 sebagai terminal utama serta terminal 85 dan 86 sebagai pematik. Secara sederhana, cara kerja relay ini ketika terminal 85 dan 86 terhubung dengan arus listrik (+ dan -) maka akan membentuk gelombang elektromagnetik. Gelombang inilah yang kemudian menarik switch sehingga terminal 30 dan 87 bisa terhubung. Biar mudah dipahami, kamu bisa simak gambar rangkaian relay berikut.

diagram relay normaly open
diagram relay normaly open

Relay sendiri memiliki beberapa jenis. Kami rekomendasikan untuk menggunakan jenis normaly open. Tipe relay ini ketika tidak ada arus listrik yang mengalir maka rangkaian terbuka (open) atau antara terminal 87 dan 30 tidak terhubung. Ada juga tipe normaly close yang mana merupakan kebalikan darijenis normaly open.

Karena lampu sepeda motor pada umumnya terdapat 2 jenis lampu yakni jarak dekat dan jarak pendek maka bisa menggunakan 2 buah relay. Nantinya kamu bisa memotong arus listrik dari switch jarak jauh/dekat untuk disambungkan ke terminal pematik. Untuk lebih jelasnya kamu bisa cek rangkaianya dibawah.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Relay

Sebelumnya siapkan dulu 2 buah relay serta kabel tambahan. Kemudian lakukan langkah pemasangan sebagai berikut:

  • Hubungkan terminal 30 relay ke arus listrik utama.
  • Selanjutnya sambungkan terminal 87 ke kabel yang yang menuju terminal lampu jarak dekat. Kamu bisa potong kabelnya.
  • Hubungkan terminal 85 ke kabel output saklar jarak dekat. Jadi kabel output dari saklar jarak dekat yang menuju ke lampu bisa kamu potong. Kabel dari saklar disambungkan ke terminal 85 sedangkan kabel yang menuju lampu disambungkan ke terminal 87.
  • Terakhir hubungkan terminal 86 ke massa atau negative.
  • Lakukan hal yang sama untuk lampu jarak jauh.

Jika masih bingung, kamu bisa lihat pada diagram relay lampu motor berikut ini:

rangkaian relay lampu motor
rangkaian relay lampu motor

Demikian tadilah cara membuat lampu motor lebih terang dengan relay. Cara ini pada dasarnya menyambungkan arus utama ke lampu secara langsung melewati relay sehingga tidak melewati rangkaian saklar. Dengan demikian hambatan rangkaian lampu lebih kecil yang membuat lampu lebih terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *