Tips Dan Trik

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Untuk Pengaman Anti Maling

×

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Untuk Pengaman Anti Maling

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor – Setiap sepeda motor pastinya sudah dilengkapi dengan kunci pengaman. Bahkan dewasa ini mulai muncul berbagai teknologi kunci sepeda motor. Mulai dari smartkey hingga keyless yang hanya menggunakan remote saja. Namun kejadian curanmor tetap saja masih terjadi di beberapa daerah. Umumnya memang yang masih menggunakan kunci manual sehingga masih mudah diakali.

Kunci Kontak manual memang memiliki beberapa kelemahan. Setelah lama penggunaan, daleman rumah kunci menjadi aus sehingga mudah dibobol. Selain itu para pencuri juga makin mahir dengan berbagai macam trik membobol kunci sepeda motor. Maka dari itu, membuat kunci pengaman ganda bisa jadi salah satu solusinya.

kunci rahasia motor

Cara membuat kunci rahasia motor ini sebenarnya cukup sederhana, asal kalian paham dengan rangkaianya. Bahkan komponenya juga sangat terjangkau. Kamu hanya butuh saklar dan juga relay saja untuk membuatnya. Sebelum ke langkah langkahnya, baiknya ketahui dulu cara kerjanya berikut.

Cara Kerja Kunci Rahasia Motor Anti Maling

Dalam sepeda motor, sistem pengapian memiliki perananan yang sangat vital. Sebab jika pengapian (busi) tidak bekerja, maka motor tidak akan bisa hidup. Maka dari itu kalian bisa memodifikasi rangkaian sistem pengapian untuk membuat kunci rahasia ini.

Jadi kunci rahasia ini memanfaatkan sebuah relay sebagai komponen utama. Seperti yang kita tahu, relay berfungsi sebagai saklar elektromagnetik. Ketika terminal solenoid (85 dan 86) dialiri arus listrik akan menciptakan kemagnetan sehingga menarik switch dan 30 & 87 terhubung. Selengkapnya kamu bisa baca dulu cara kerja relay.

Nah jadi, nantinya kamu bisa memasang relay ini pada kabel positif coil. Ketika relay belum aktif maka tidak akan ada pengapian karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke coil. Untuk mengaktifkan relay kamu bisa gunakan berbagai sinyal seperti dari klakson, lampu sein, dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, simak rangkaianya berikut ini:

rangkaian kunci rahasia motor untuk pengaman
rangkaian kunci rahasia motor untuk pengaman

Pada prinsipnya cara kerjanya adalah sebagai berikut: Kunci kontak on, arus listrik dari baterai mengalir ke saklar A (gunakan lampu sein), selanjutnya akan mengktifkan solenoid (B). Karena terjadi kemagnetan, F dan G terhubung sehingga sinyal listrik dari CDI bisa diteruskan ke coil. Apabila saklar A belum diaktifkan, maka terminal F dan G tidak terhubung sehingga tidak terjadi pengapian karena input Coil terputus.

Cara Membuat Rangkaian Kunci Rahasia Sepeda Motor Sederhana

Sebelum merangkai, kamu bisa siapkan dulu bahanya yakni relay, kabel dan juga saklar. Selanjutnya rangkai dengan langkah sebagai berikut:

  1. Sambungkan output dari saklar sein (pilih kiri atau kanan) ke terminal 85 relay.
  2. Sambungkan terminal 87 ke massa (body)
  3. Putus kabel positif coil. Lalu sambungkan ke kedua terminal relay lainya (30 dan 87).
  4. Untuk pengaman jika rangkaian tidak bekerja kamu bisa buat saklar bypass. Sambungkan secara paralel kabel input coil tadi dengan saklar (H).
  5. Tempatkan saklar H ini di tempat yang paling rahasia. Ini hanya sebagai pengaman saja. Apabila rangkaian utama tidak bekerja, tinggal switch on melalui saklar ini.

Note: Sementara itu jika ingin membuat rangkaian yang lebih sederhana tinggal buatkan saklar saja pada kabel positif coil. Lalu tempatkan saklar ditempat yang tidak bisa dijangkau. Namun cara ini tidak bisa otomatis, kamu harus on/off saklar secara manual.

Harga Kunci Pengaman Motor

Di marketplace sebenarnya kamu juga bisa beli rangkaian yang sudah jadi. Namun harganya memang cukup mahal mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Jika membuat sendiri pastinya jauh lebih murah. Untuk harga relay misalnya hanya Rp 16 ribu saja. Selain itu hanya perlu saklar seharga Rp5 ribu.

Nah demikian tadilah cara membuat kunci rahasia motor untuk pengaman dari maling dengan harga yang murah. Jika masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *