Onderdil

Fungsi Dan Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

×

Fungsi Dan Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini

Cara Kerja Karburator – Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru memang sudah menggunakan sistem Fuel Injection. Itu artinya sudah tidak menggunakan karburator lagi. Kendati demikian, pengguna motor dengan karburator juga masih banyak, utamanya motor bebek.

Karburator sendiri merupakan salah satu komponen sistem bahan bakar yang cukup vital peranya. Untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna, maka diperlukan karburator dengan settingan yang pas. Jika ada masalah pada komponen yang satu ini, biasanya motor mengalami beberapa gejala. Seperti susah hidup, mbrebet hingga bahan bakar menjadi boros.

cara kerja karburator
cara kerja karburator

Pada prinsipnya cara kerja karburator ini adalah dengan memanfaatkan kevakuman yang dihasilkan dari gerakan piston. Kevakuman tersebut akan menarik udara beserta bahan bakar yang digunakan untuk pembakaran didalam silinder.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan baiknya selalu melakukan service secara berkala. Dalam service sepeda motor, karburator menjadi komponen “wajib” untuk dibersihkan. Sehingga kejadian seperti karburator banjir, motor mbrebet, susah hidup dll bisa dihindari.

Fungsi Karburator Sepeda Motor

Beberapa orang mungkin akan lebih memilih menggunakan karburator dari pada FI. Salah satu alasanya adalah mudah untuk dimodifikasi dan dikustomisasi. Utamanya bagi mereka yang gemar memodifikasi kendaraan. Lantas apa sih sebenarnya fungsi karburator? Berikut beberapa diantaranya:

Mencampur Bahan Bakar dan Udara

Syarat terjadinya pembakaran ada tiga yakni udara, bahan bakar dan juga api. Didalam mesin sepeda motor, maka antara bahan bakar dan udara harus memiliki komponen yang pas. Karburator memiliki fungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara dengan perbandingan 1:15.

Para pemilik kendaraan, juga bisa mengatur setelan bahan bakar dan udara melalui baut penyetel (biasanya di bagian samping karburator). Namun dalam menyetel baut ini jangan asal. Sebab jika terlalu kurus (terlalu banyak bahan bakar) akan membuat mesin susah dihirupkan, tenaga mesin kurang dll. Sedangkan jika terlalu gemuk / kaya membuat bahan bakar jadi boros, asap berwarna hitam serta emisi gas yang meningkat.

Mengabutkan Bahan Bakar

Fungsi karburator selanjutnya adalah untuk mengabutkan bahan bakar. Kita tahu bahan bakar yang ada di tanki kendaraan masih dalam bentuk cairan. Untuk proses pembakaran yang cepat dan eksplosif maka bahan bakar tersebut harus dikabutkan menjadi butiran butiran kecil. Melalui spuyer yang ada didalam karburator tersebut, bahan bakar akan dikabutkan menjadi butiran butiran kecil bersama udara menuju ruang silinder. Setelah itu akan dikompresi oleh piston lalu diledakan oleh busi.

Mengatur RPM

Karburator juga berfungsi untuk mengatur putaran mesin atau RPM. Seperti yang kita tahu, handle gas akan terhubung dengan jarum skep. Ketika handle gas diputar, jarum skep beserta skep akan tertarik (terbuka). Ini menyebabkan udara yang masuk semakin besar, begitu juga dengan bahan bakarnya. Karena bahan bakar yang masuk ke silinder semakin besar maka ledakan dari hasil pembakaran juga semakin besar. Akibatnya piston terdorong lebih cepat sehingga RPM mesin juga semakin tinggi.

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor

Baik sepeda motor 4 tak ataupun 2 tak sebenarnya tidak ada perbedaan dari cara kerja karburator. Untuk memahami cara kerja karburator ini secara sederhana, kamu bisa melihat semprotan nyamuk.

cara kerja semprotan nyamuk mirip karburator
cara kerja semprotan nyamuk mirip karburator

Bisa kamu perhatikan pada semprotan nyamuk. Ketika ada udara yang didorong dari pompa dan melewati saluran diatas tanki maka cairan di tanki akan ikut tertarik dan terdorong keluar. Karena diujungnya menyempit, maka cairan tersebut akan berubah menjadi butiran butiran kecil/ kabut.

baca juga: Cara Menghitung CC Motor

cara kerja karburator
cara kerja karburator

Begitu juga dengan karburator, bedanya udara tidak didorong melainkan ditarik oleh gaya vakum yang dihasilkan dari gerakan piston. Berikut cara kerja karburator dan mesin 4 tak selengkapnya:

  • Piston bergerak turun (langkah hisap), sehingga terjadi kevakuman
  • Udara akan terhisap melewati saluran diatas tabung bahan bahan bakar pada karburator. Ini membuat bahan bakar juga ikut terhisap melewati spuyer. Bahan bakar berubah menjadi kabut/ butiran butiran kecil
  • Ketika handle gas diputar, jarum skep akan terangkat menciptakan saluran udara yang lebih besar dan membuat udara beserta bahan bakar yang masuk ke silinder semakin besar.
  • Ketika piston berada di bawah (TMB) ruang silinder dipenuhi oleh udara dan bahan bakar.
  • Kemudian piston bergerak keatas (TMA) untuk melakukan langkah kompresi.
  • Busi kemudian mematik terjadinya pembakaran
  • Terjadi ledakan yang membuat piston bergerak dari TMA ke TMB (langkah usaha)
  • Langkah terakhir adalah buang,piston bergerak dari TMB ke TMA untuk membuang sisa sisa pembakaran.

Komponen Utama Karburator Sepeda Motor

Berikut ini beberapa komponen utama dalam karburator:

komponen karburator
komponen karburator

Slow Jet

Slow jet adalah spuyer untuk putaran rendah dan stasioner. Jadi ketika pada putaran stasioner, bahan bakar akan melewati slow jet ini.

Main Jet

Ini adalah spuer utama untuk putaran tinggi. Bahan bakar akan melewati main jet untuk dikabutkan bersama udara ke ruang pembakaran.

Pelampung

Pelampung ini berbahan plastik, berada di tanki atau tabung bahan bakar pada karburator. Fungsinya adalah untuk menjaga volume bahan bakar yang ada pada tabung bahan bakar tersebut. Jika terjadi karburator banjir, biasanya masalahnya terjadi pada pelampung ini.

Katup Gas

Katup gas terdiri dari skep, jarum/ needle valve dan juga pegas. Fungsinya adalah untuk mengatur besar kecilnya saluran udara yang mana menentukan jumlah volume bahan bakar yang masuk. Komponen inilah yang terhubung dengan handle gas.

Sekrup penyetel

Ada dua sekrup penyetel pada karburator. Masing masing adalah penyetel atau pengatur udara digunakan untuk menentukan campuran udaran dan bahan bakar. Sedangkan satunya lagi adalah sekrup katup gas, untuk mengatur stasioner atau idle RPM karburator.

Nah demikian tadilah penjelasan mengenai cara kerja karburator pada sepeda motor. Semoga menambah ilmu pengetahuan kalianya. jika ada pertanyaan bisa ajukan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *