Tips Dan Trik

Cara Hitung CC Motor 4 Tak, Gunakan Rumus Ini

×

Cara Hitung CC Motor 4 Tak, Gunakan Rumus Ini

Sebarkan artikel ini

Cara Hitung CC Motor 4 Tak – Sepeda motor umumnya memiliki klasifikasi berdasarkan kapasitas mesin. Semakin besar kapasitas mesin maka otomatis tenaga yang dihasilkan semakin besar, konsumsi bahan bakar semakin boros dan harganya pun semakin besar.

Untuk sepeda motor matic misalnya, terdiri dari beberapa kelas. Mulai dari kelas 100 cc, 125 cc, 150 cc dan juga 250 cc. Namun kebanyakan berada pada kelas 100 cc dan 125 cc. Berbeda dengan sepeda motor sport yang rata rata menggunakan 150 cc dan 250 cc. Sebenarnya tanpa menghitungpun kita sudah tahu berapa CC suatu kendaraan. Karena memang sudah tercantum baik dalam browsur, surat kendaraan bahkan pada body motor itu sendiri.

Namun untuk keperluan tertentu kita perlu menghitung CC motor 4 tak. Salah satunya adalah ketika ingin memodifikasi engine seperti melakukan bore up. Sebenarnya hal ini juga mudah dilakukan awam, sebab ada rumus untuk menghitung cc sepeda motor.

Apa Itu CC Sepeda Motor

Sebenarnya CC sendiri merupakan singkatan dari cubicle centimeter (sentimeter kubik), satuan untuk menghitung volume. Pada sepeda motor, satuan tersebut digunakan untuk menentukan besarnya kapasitas mesin.

Engine sepeda motor ini memiliki bentuk tabung. Piston atau seher akan bergerak maju mundur didalam tabung silinder tersebut. Jadi untuk menghitung kapasitas mesin maka perlu mengetahui berapa diameter pistonya dan juga berapa panjang langkah piston tersebut.

hitung diameter piston untuk menghitung cc sepeda motor
hitung diameter piston untuk menghitung cc sepeda motor

Pada dasarnya tidak ada perbedaan cara menghitung cc motor 4 tak dan 2 tak. Istilah 4 tak ini merujuk pada jumlah langkah piston untuk menghasilkan 1 tenaga. Jadi pada mesin 4 tak untuk menghasilkan 1 tenaga butuh 4x langkah piston yakni langkah hisap, kompresi, pembakaran dan pembuangan.

Sementara itu pada mesin 2 tak, dalam sekali langkah (gerakan) piston menghasilkan 2 proses. Langkah pertama yakni pergerakan dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) menghasilkan proses hisap sekaligus pembakaran. Dan langkah kedua dari TMB ke TMA menghasilkan proses kompresi sekaligus membuang sisa sisa pembakaran.

Rumus Kapasitas Mesin Sepeda Motor

Ada dua hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu untuk menghitung CC sepeda motor. Dua hal tersebut adalah diameter piston dan juga panjang langkah piston. Adapun rumus cc sepeda motor adalah sebagai berikut:

Kapasitas mesin: π r² X L

keterangan:

  • π = 3,14
  • r adalah jari jari piston (1/2 dari diameter piston)
  • L adalah panjang langkah (panjang gerakan piston dari TMA ke TMB)
tma tmb piston mesin 4 tak
tma tmb piston mesin 4 tak

Cara Hitung CC Sepeda Motor 4 Tak

Nah setelah mengetahui rumus kapasitas mesin diatas, kamu sudah bisa menghitung sendiri CC sepeda motor. Sebagai simulasi, jika panjang langkah sebuah piston sebuah mesin adalah 57,8 mm dan diameter piston adalah 57,3 mm maka bisa dihitung dengan cara berikut:

Untuk menghitungnya silahkan hitung dulu jari jari piston yakni diameter piston dibagi dua. Selain itu juga perlu di konversi ke CM terlebih dahulu.

Kapasitas mesin: 3,14 x (2,89×2,89) x 5,73 = 151,58 CC atau dibulatkan menjadi 150 CC.

Nah untuk menghitung diameter piston biasanya sudah tertera di paket pembelian. Namun kamu bisa gunakan jangka sorong jika ingin menghitung ulang.

Sedangkan untuk menghitung panjang langkah piston secara manual ada teknik yang bisa dilakukan. Pertama posisikan piston ke TMB atau titik dimana piston berada di paling bawah. Kemudian ukur kedalamanya sampai bibir silinder.

Setelah itu posisikan piston ke TMA, lalu ukur berapa sisa atau jarak dari bibir ke piston (biasanya masih ada sedikit jarak). Kemudian tinggal hitung saja jarak TMB ke bibir silinder dikurangi jarak TMA ke bibir silinder. Maka sudah ketemu panjang langkahnya.

Demikianlah tadi cara menghitung CC sepeda motor 4 tak. Semoga penjelasan diatas bisa dipahami dan membantu khusunya bagi kalain yang mau bore up mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *