Tips Dan Trik

Cara Agar Lampu Motor Lebih Terang Dengan Resistor

×

Cara Agar Lampu Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Sebarkan artikel ini

Agar lampu motor lebih terang, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain menggunakan relay seperti yang telah kami ulas sebelumnya, ada cara lain yang bisa dilakuakan dengan biaya yang jauh lebih murah. Kalian bisa memanfaatkan resistor yang bisa didapatkan di toko toko elektronik dengan harga mungkin Rp 1000 perak saja. Seperti apa caranya? silahkan simak penjelasan dari motoran.id berikut.

Lampu memang menjadi komponen yang sangat vital peranya pada sepeda motor. Apalagi buat yang tinggal di pedesaan dengan kondisi jalan yang sangat gelap di malam hari. Selain itu pemerintah juga mengharuskan untuk menyalakan lampu saat berkendara meskipun pada siang hari.

Seiring pemakaian kendaraan, seringkali membuat lampu menjadi redup. Meskipun bola lampu sudah diganti dengan yang baru, namun belum juga teratasi. Nah untuk mengatasi lampu motor kurang terang ini, kalian bisa beli resistor di toko toko elektronik terdekat.

Cara Kerja

Sebelum ke tutorial cara membuat lampu motor lebih terang dengan resistor ada baiknya ketahui dulu bagaimana prinsip kerjanya. Cara ini pada dasarnya menambah suplay tegangan listrik yang masuk ke bola lampu. Caranya adalah dengan memanipulasi kiprok menggunakan resistor tersebut.

cara membuat lampu motor terang dengan resistor
cara membuat lampu motor terang dengan resistor

Perlu diketahui, penyebab lampu motor yang redup salah satunya dikarenakan hambatan pada rangkaian kelistrikan yang meningkat. Mungkin karena adanya korosi atau hal hal lain yang membuat daya listrik ke lampu berkurang atau tidak maksimal sesuai yang diharapkan. Akibatnya lampu jadi sedikit redup.

Regulator Rectifire atau orang bengkel biasa menyebutnya kiprok merupakan komponen yang merubah arus AC dari generator menjadi arus DC. Selain itu komponen ini juga berfungsi untuk membatasi output tegangan.

Seperti yang diketahui, generator atau spull pada sepeda motor bekerja sesuai dengan putaran mesin. Dengan kata lain, semakin tinggi putaran mesin maka output tegangan yang dihasilkan juga semakin tinggi. Output tegangan tersebut lantas diatur oleh kiprok agar tidak lebih dari 12 volt.

resistor 680 ohm
resistor 680 ohm

Nah trik untuk membuat lampu motor lebih terang ini dilakukan dengan cara memasang resistor 680 ohm/ 1 watt pada kabel spull lampu yang menuju kiprok. Dengan cara ini, maka tegangan listrik yang mengalir menuju lampu akan lebih besar dari seharusnya yakni menjadi maksimal 15 volt. Karena teganganya lebih besar, maka otomatis nyala lampu Jadi lebih terang.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Resistor

Siapkan beberapa alat dan bahanya yakni 1 buah resistor 680 ohm/1watt, gunting,obeng dan isolasi. Selanjutnya lakukan langkah berikut:

cara memasang resistor pada kiprok lampu
cara memasang resistor pada kiprok lampu
  • Buka cover body motor
  • Silahkan cari kiproknya, untuk letaknya setiap motor berbeda beda. Beberapa motor berada di bawah jok.
  • Selanjutnya cari kabel dari generator biasanya berwarna kuning. Putus kabelnya, lalu sambungkan dengan resistor. Jika perlu bisa disolder
  • Jangan lupa bungkus dengan solasi
  • Selesai

Demikian tadilah trik cara agar lampu motor lebih terang dengan resistor. Untuk memastikan trik ini berjalan baik silahkan ukur tegangan yang mengalir ke lampu menggunakan multimeter. Pastikan tidak lebih dari 15 volt, jika terlalu besar maka justru membuat bola lampu cepat mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *