Onderdil

Segini Biaya Ganti Oli Sepeda Motor, Jangan Tertipu

×

Segini Biaya Ganti Oli Sepeda Motor, Jangan Tertipu

Sebarkan artikel ini

Biaya Ganti Oli Sepeda Motor – Para pemilik sepeda motor, sudah semestinya melakukan perawatan rutin. Jika tidak bisa dilakukan sendiri, setidaknya bisa service motor di bengkel secara berkala. Sekurang kurangnya dalam 6 bulan sekali motor sebaiknya dilakukan service. Atau jika penggunaanya sangat intens, 3-4 bulan sekali.

Salah satu hal penting setiap service motor berkala adalah mengganti oli. Jika tidak membawa motor ke bengkel untuk service, setidaknya lakukan ganti oli secara rutin. Idealnya dilakukan setiap penggunaan 2000 km, oli mesin harus diganti dengan yang baru. Caranya juga sebenarnya mudah, bisa dilakukan sendiri dirumah. Karena tinggal mengeluarkan oli melalui baut pembuangan, lalu mengisinya dengan cara membuka penutup pengisian.

Namun yang harus diperhatikan adalah volume dari oli tersebut. Setiap mesin memiliki kapasitasnya sendiri. Rata rata volumenya adalah 0,8 L untuk matic dan bebek. Sedangkan untuk motor sport rata rata 1 L. Silahkan cek spesifikasi motornya masing masing. Biaya ganti oli sepeda motor ini juga tidak begitu mahal, apalagi jika diganti sendiri dirumah.

Mengapa Perlu Ganti Oli?

Setiap mesin pastinya butuh yang namanya oli pelumas.Oli ini menjadi skat antar komponen yang saling bergesekan. Bisa kamu bayangkan jika dua logam bergesekan tanpa ada oli, maka tidak butuh waktu lama untuk logam tersebut aus atau terkikis. Salah satu fungsi oli pelumas adalah untuk mencegah keasuan yang terjadi pada dua komponen yang bergesekan.

biaya ganti oli sepeda motor
biaya ganti oli sepeda motor

Seiring penggunaan, kondisi oli tersebut tentu mengalami penurunan fungsi. Pasalnya lama kelamaan akan kotor dan daya pelumasanya akan berkurang. Jika tetap digunakan,maka yang terjadi komponen komponen mesin akan mengalami aus dan rusak.Oleh karena itu penggantian oli mesin perlu dilakukan secara berkala.

Patokan yang paling mudah pada sepeda motor adalah setiap 2000 km atau kurang lebih jika digunakan setiap hari mungkin sekitar 3 bulan sekali. Kamu juga bisa cek kondisi oli tersebut mulai dari warnanya yang sudah kotor dan hitam atau belum, daya lekatnya yang masih bagus atau tidak, serta dari baunya.

Berapa Biaya Ganti Oli Sepeda Motor?

Jika kalian ingin ganti oli ke bengkel, lebih baik sekalian sama service. Umumnya biaya service kendaraan dipatok Rp30 ribu – Rp 50.000. Selanjutnya hanya perlu ditambah harga oli yang digunakan.

Harga oli mesin sepeda motor juga berbeda beda. Misalnya untuk oli yamalube XP 0,8L dibandrol Rp 35 ribu sedangkan yang kapasitas 1 L Rp 57 ribu. Tidak berbeda jauh dengan AHM oil MPX2 0,8L yang dibandrol Rp 58 ribu.

ganti oli ahm oil motor
ganti oli ahm oil motor

Jadi estimasi biaya ganti oli sepeda motor di bengkel kurang lebih Rp 80.000 – Rp100.000. Tentu ini harga yang relatif terjangkau, apalagi hanya dilakukan setiap 3 bulan sekali. So,jangan malas untuk selalu rutin ganti oli ya biar kondisi motor selalu prima.

Demikian tadilah informasi mengenai estimasi biaya ganti oli sepeda motor di bengkel. Jadi jangan sampai tertipu dengan bengkel nakal yang viral beberapa waktu lalu yang meminta bayaran jutaan rupiah hanya untuk ganti oli sepeda motor saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *